Review Metodologi Riset (3)

Metode, Teknik Dan Instrumen Dalam Penelitian


Metode dan Teknik
Metode dapat di artikan sebagai cara berpikir. Sedangkan teknik dapat diartikan sebagai cara melaksanakan hasil berpikir.

Metode menurut kamus purwadarminta(1976); adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud.

Pengumpulan Data 
Ada beberapa hal yang di perlukan sebelum pengumpulan data :
1.Jenis data yang di peroleh.
2.Sumber data.
3.Cara pengumpulan data, dan
4.Jumlah data yang di perlukan.

Jenis data 
1. Data primer, menurut nurimawati, SE.,M.Si (2008;98). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Umi: data primer adalah data yang berasal dari sumber asli atau pertama. Cirinya :  merupakan informasi yang di kumpulkan langsung dari sumbernya, penelitian bertindak sebagai pengumpul data, membutuhkan waktu lama Dan dapat di percaya.
2. Data sekunder, data yang diperoleh lewat pihak lain, tidak diperoleh langsung dari subyek peneliti dengan mengenakan alat pengukuran atau alat pengambilan data langsung pada subjek sebagi sumber informasi yang di cari.

Ada beberapa alasan kecenderungan penggunaan instrumen dalam penelitian yaiut:
1. instrumen dapat membantu memperoleh data atas dasar kondisi yang telah di ketahui.
2. instruen berfungsi membatasi lingkungan atau ruang lingkup dengan cara tertentu, maka instrumen juga dapat digunakan unutk memperoleh data tambahan dari situasi.
3. Instrumen dapat membuat informasi yang dapat direkam secara permanen untuk dianalisa dimasa yang akan datang. Hal bisa dilakukan dengan menggunakan kamera, tape recorder, begitu juga melalui tuilsan.

ada beberapa jenis wawancara yang biasa digunakan:
1. wawancara seleksi (screening interview) yaitu wawancara yang dilakukan untuk memilih orang atau kandidat yang paling qualified untuk masuk ke tahap seleksi selanjutnya.
2. wawancara dengan menggunakan media elektronik (telephone interview) yaitu : wawancara yang langsung dilakukan dengan menggunakan media telephone. wawancara ini biasanya dilakukan bila masih ada hal yang ingin ditanyakan langsung pada pihak responden.
3. wawancara kelompok (panel or group interview) yaitu : wawancara yang dilakukan pada dua atau lebih pewawancara sekaligus pada waktu yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Matodelogi Riset (5)

Perbedaan Teknologi Masa Lalu dan Masa Sekarang

Review Metodelogi Riset (4)